Selamat Datang Di blogku...Selamat Membaca Semoga Bermanfaat
Kupersembahkan Rangkaian Kata-Kata Indah Buat Ibu Saya Tercinta Dirumah, Wanita Yang Paling Saya Cinta Dan Paling Saya Bangga

Sabtu, 10 Mei 2014

Contoh Teks Prosedur


Cara Memilih Kamar Kos yang Baik
Frans Apriliadi/12201241006/PBSI K

Tempat tinggal merupakan suatu tempat yang sangat dibutuhkan oleh setiap manusia, sebagai tempat berteduh dari panasnya sinar matahari maupun dinginnya air hujan. Sama halnya dengan tempat kos, merupakan suatu tempat yang wajib dimiliki oleh seseorang terutama para mahasiswa yang menuntut ilmu di berbagai Universitas di kota-kota termasuk juga Yogyakarta. Tempat kos menjadi pilihan pertama bagi mereka yang tidak memiliki sanak saudara yang memiliki rumah untuk bisa di tempat tinggali, atau bisa jadi mereka ingin menghemat waktu pergi ke kampus dikarenakan jam perkuliahan kebanyakan dimulai pada pukul 07.00 pagi.
Keuntungan dari menyewa tempat kos sendiri adalah biasanya dekat dengan kampus, dan banyak pula teman-teman sesama jurusan yang bisa diajak kompromi atau berdiskusi masalah tugas-tugas yang diberikan oleh dosen mata pelajaran yang diambil. Namun, sebelum memilih tempat kos ada beberapa hal yang harus diperhatian sebelum memutuskan tempat kos untuk di tinggali dan kenyamanan menjadi  pilihan paling utama. Tetapi disamping itu, harus diikuti oleh aspek-aspek lain.
Pertama adalah keamanan, keamanan adalah faktor utama yang harus diperhatikan dan yang harus dipertimbangkan, sebelum memilih tempat kos. Sebaiknya kita memilih tempat kos yang terdapat pagar agar barang-barang kita terjaga ketika kita bepergian dalam waktu yang lama.
Lebih baik lagi, mencari tempat kos yang lingkungan sekitarnya memiliki satpam atau hansip yang selalu berkeliling dan mengecek setiap pagar rumah yang belum terkunci waktu malam hari, disamping itu usahakan juga mencari tempat kos yang pemilik rumahnya juga tinggal di lokasi yang sama. Biasanya pemilik kos tersebut, baik Bapak atau Ibu kos yang selalu rutin memperhatikan kondisi lingkungan tempat kosnya termasuk mengunci pintu masuk atau sekedar mengecek apakah kendaraan pribadi milik anak-anak kosnya sudah terkunci atau belum.
Kedua, carilah tempat kos sedekat mungkin dengan tempat kuliah. Hal ini akan menghemat waktu dan uang kita, terutama untuk menghemat uang bensin yang biasanya banyak dikeluarkan apabila kita menggunakan kendaraan. Ditambah lagi, bagi mereka yang aktif dalam kegiatan kemahasiswaan di kampus, hal ini sangat membantu sekali karena kebanyakan kegiatan-kegiatan yang ada di kampus umumnya berlangsung sampai larut malam, hal ini tidak memungkinkan bagi mereka yang tempat tinggalnya terlalu jauh dari kampus untuk pulang ke rumah dikarenakan dapat membahayakan keselamatan, apalagi bagi mereka yang membawa kendaraan bermotor.
Ketiga adalah luas kamar. Usahakan mencari kamar kos yang berukuran luas, hal ini setidaknya dapat membuat temperatur udara di dalam kamar tidak terlalu panas, apabila ukuran ruang kamar terlalu kecil ditambah jumlah barang-barang pribadi baik itu kasur, buku, lemari dan lain-lain yang  melebihi kapasitas ruangan yang tersedia, hal ini akan membuat suasana terasa panas dan terasa sempit. Setidaknya dengan ukuran kamar kos yang luas dapat menampung teman-teman ketika mengerjakan tugas dari dosen, jangan sampai mereka merasa tidak nyaman dengan luas kamar anda.
Keempat yang tidak jauh penting adalah ketersediaan air dan listrik. Air dan listrik adalah kebutuhan pokok anak kos. Usahakan mencari rumah kos yang listriknya memiliki daya yang kuat untuk semua penghuni kamar kos, jangan sampai tempat kos kita memiliki daya listrik yang rendah. Hal ini akan membuat terjadi pemadaman, dan yang lebih membahayakan lagi bisa menimbulkan kebakaran dikarenakan koneksi arus pendek listrik itu sendiri.
Begitupun dengan ketersediaan air yang cukup yang tidak hanya ketersediaan dari sumur akan tetapi juga dilengkapi dengan ketersediaan air dari PDAM, dikarenakan tidak semua sumur di tempat yang kita tinggali memiliki air yang layak untuk dipakai, bahkan dimusim kemarau yang berkepanjangan akan membuat ketersediaan air di sumur tersebut berkurang, yang dampaknya membuat para penghuni kos kebingungan untuk mencari air untuk mandi atau mencuci baju.
Kelima yang paling penting adalah carilah tempat kos yang dekat dengan tempat ibadah. Hal ini menjadi suatu yang penting apabila kita mendapatkan kamar kos yang tidak memiliki ruang yang cukup untuk kita mengerjakan sholat dikarenakan banyaknya kebutuhan pribadi yang tersimpan di kamar kos bahkan berserakan di sana-sini, dan tidak tertata dengan baik, maka masjid menjadi pilihan yang tepat bagi kita untuk melaksanakan perintah Tuhan. Bahkan lantunan suara azan dapat dijadikan pengingat bagi kita yang selalu terlupa waktu dikarenakan tugas kuliah yang menumpuk.
Namun yang paling penting diperhatikan bagi para mahasiswa dalam mencari tempat tinggal adalah biaya yang murah. Tidak mudah biasanya mencari kos yang memiliki fasilitas yang kita perlukan dengan harga yang murah. Tetapi sebaiknya anda mencari kamar kos yang mencukupi kantong kita sebagai mahasiswa agar tidak kehabisan dana. Dikarenakan kebutuhan mahasiswa tidak hanya pada tempat tinggal tetapi juga menyangkut perut dan tugas di bangku perkuliahan.
Selain itu, yang menjadi fokus penting dalam memilih tempat kos adalah kondisi lingkungan para penghuni kos, para tetangga sekitar maupun pemilik kos itu sendiri, karena dari sikap mereka terhadap kitalah yang membuat rasa nyaman dan betah untuk tinggal disana untuk waktu yang lama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DAN HARAP ISI BUKU TAMU DAN TINGGALKAN ALAMAT SITUS ANDA INSYAALLAH AKAN SAYA KUNJUNGI