Selamat Datang Di blogku...Selamat Membaca Semoga Bermanfaat
Kupersembahkan Rangkaian Kata-Kata Indah Buat Ibu Saya Tercinta Dirumah, Wanita Yang Paling Saya Cinta Dan Paling Saya Bangga

Sabtu, 10 Mei 2014

Rangkuman Sejarah Sastra Indonesia Modern Jilid 1 (Review Buku)



Tugas I:Laporan Pembacaan Buku
Meringkas Buku-buku SSI dariPerpustakaanBergilir
Oleh Frans Apriliadi/12201241006

                                                                                                            Laporan           : Ke-7 
                                                                                                            Kelompok       : Balai Pustaka

Judul Buku      : Rangkuman Sejarah Sastra Indonesia Modern Jilid 1
Penulis             : Prof. Drs. Sarwadi
Penerbit           : Kurnia Kalam Semesta
TahunTerbit     : Yogyakarta, 1994

Ringkasan Isi Buku 
       Ilmu sastra meliputi tiga macam cabang yaitu : teori sastra, sejarah sastra dan kritik sasstra. Teori sastra sendiri menyelidiki dasar-dasar pengertian tentang hal-hal yang bersangkut paut dengan sastra. Sejarah sastra adalah cabang ilmu sastra yang berusaha menyelidiki perkembangannya yang sekarang sedangkan kritik sastra adalah cabang ilmu sastra yang mengadakan penyelidikan langsung terhadap suatu karya sastra tertentu.
       Disamping tiga cabang ilmu sastra yang tersebut di atas, ada macam ilmu sastra yang lain, yaitu sastra umum, sastra khusus dan sastra perbandingan. Sastra umum ialah ilmu sastra yang membicarakan hal ihwal serta pada umumnya, terlepas dari masalah-masalah kekhususnan dari kehidupan sastra akibat adanya corak bangsa dan bahasa. Sastra khusus adalah ilmu sastra yang membicarakan kehidupan sastra suatu bangsa atau suku bangsa tertentu, atau sastra dengan suatu media bahasa tertentu. Dan sastra perbandingan ialah ilmu sastra yang berusaha menyelidiki adanya persamaan, perbedaan, dan pengaruh dari berbagai hal yang terdapat pada dua atau beberapa sastra tertentu atau sastra khusus.
       Cabang ilmu sastra sendiri mempunyai hubungan yang erat sekali dan hubungan itu bersifat timbal balik, artinya saling melengkapi.
       Sastra Indonesia adalah sastra yang aslinya ditulis dengan bahasa Indonesia yang isinya membicarakan sikap dan watak bangsa Indonesia. Jadi unsur persyaratan ada dua yaitu :
(1).  Media bahasanya bahasa Indonesia, dan
(2). Corak isi karangannya mencerminkan sikap watak bangsa Indonesia di dalam memandang suatu masalah.
       Priodisasi sejarah sastra Indonesia Modern sebagai berikut :
A.    Sastra Melayu Lama/Klasik.
B.     Sastra Indonesia Modern.
1.      Periode tahun ‘20
a.     Angkatan Balai Pustaka
b.    Sastra di luar Balai Pustaka
2.      Priode tahun ‘30
a.       Angkatan Pujangga Baru
b.      Sastra di luar Pujangga Baru
3.      Periode tahun ‘42
4.      Periode tahun ‘45
a.       Angkatan ‘45
b.      Sastra di luar angkatan ’45.
5.      Periode tahun ‘50
6.      Periode tahun ‘66
a.       Angkatan ‘66
7.      Periode tahun ‘70
a.       Angkatan ‘70/’80.
       Sebelu Sastra Indonesia Modern kita kenal Sastra Melayu Lama/Klasik. Sehingga sastra yang mempunyai pertautan dengan sastra Indonesia odern ialah Sastra Melayu Lama/Klasik.

Komentar
       Sesuai dengan judulnya Rangkuman Sejarah Sastra Indonesia Modern, buku ini emberikan filosofi sastra indonesia secara menyeluruh dari dasar tentang apa itu sastra, cabang pembagiannya dan periode sastra itu sendiri. Selain itu buku ini juga memberikan penjelasan mengenai tokoh-tokoh siapa saja yang dianggap penting setiap angkatan serta memberikan penjelasan mengenai beberapa sifat yang dimiliki pengarang yang dituangkan di dalam karya sastranya. Akan tetapi, ada satu hal yang tidak dijelaskan dalam buku ini, seperti para periodesasi disana disebutkan bahwasannya terdapat sastra di luar Balai Pustaka/Pujangga Baru/angkatan ’45 namun sastra seperti apa yang dimakasud tidak dipaparkan secara lebih jelas, dan tidak dijelaskan secara pasti pula termasuk kelompok mana sastra-sastra tersebut, sehingga menimbulkan suatu kebimbangan bagi pembaca.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DAN HARAP ISI BUKU TAMU DAN TINGGALKAN ALAMAT SITUS ANDA INSYAALLAH AKAN SAYA KUNJUNGI