Selamat Datang Di blogku...Selamat Membaca Semoga Bermanfaat
Kupersembahkan Rangkaian Kata-Kata Indah Buat Ibu Saya Tercinta Dirumah, Wanita Yang Paling Saya Cinta Dan Paling Saya Bangga

Sabtu, 10 Mei 2014

Sastra dan Massa (Review Buku)



Tugas I:Laporan Pembacaan Buku
Meringkas Buku-buku SSI dariPerpustakaanBergilir
Oleh Frans Apriliadi/12201241006

                                                                                                            Laporan           : Ke-6
                                                                                                            Kelompok       : Balai Pustaka
Judul Buku      : Sastra dan Massa
Penulis             : Jacob Sumarjo
Penerbit           : ITB Bandung
TahunTerbit     : Bandung, 1995

Ringkasan Isi Buku 
    Dilihat dari sastra secara keseluruhan, sastra tidak hanya mengkaji sastra Indonesia modern saja, akan tetapi masih banyak jenis sastra yang dapat dikaji diantaranya sastra Indonesia populer, sastra Jawa lama dan baru, sastra Sunda lama dan baru, yang tiap-tiap sastranya memiliki nilai kemasyarakatan yang berbeda.
    Fungsi sastra, diantaranya sastra menduduki  fungsi intelektual dalam kehidupan masyarakat, sastra menduduki religio-magis dalam masyarakat kelas atas, mempertanyakan masalah kehidupan zamannya sedangkan sastra kaum pekerja cenderung populer dan hiburan, serta sastra dapat memberikan kegembiraan, kepuasan, dan keindahan bagi pembacannya.
     Melihat hakikat sastra, maka sastra dapat dibedakan antara karya sastra yang sekedar asyik akan bentuk keindahannya dan karya sastra yang memusatkan dirinya pada berbagai temuan intelektual. Jenis pertama dinamakan sastra hiburan, klangenan, eskapisme; sedangkan jenis kedua dinamakan sastra sejati dan sastra murni.
     Beberapa hambatan dalam sastra :
1.      Kaitan sejarah masuknya sastra modern ke Indonesia.
2.      Tradisi sastra Indonesia modern yang oleh Umar Junus disebut tradisi pembaruan.
3.      Kelangsungan hidup sastra sejati yang tidak ajeg di Indonesia.
Untuk menyelesaikan masalah  ini maka dapat dicari jalan keluar berupa peningkatan apresiasi sastra, yaini  lewat pendidikan formal. Peningkatan pendidikan menjadi pendidikan yang lebih berdaya citpta ini akan menyediakan jumlah calon pembaca sastra yang potensial, serta  kesadaran terhadap fungsi sastra sebagai hiburan dan sastra sejati perlu ditanamkan dalam masyarakat terpelajar.
     Dalam sastra dan masanya, maka sastra dapat dipelajari berdasarkan, pertama masalah apresiasi sastranya (pemasyrakatan, kultur, apresiasi, pengajaran apresiasi, pendidikan apresiasi disekolah, kegagalam dan sastra dalam kaitan dengan pelajar dan mashasiswa di kampus atau sekolah), kedua sastra dan  itelektualnya (sastra dan tradisinya, masalah kebudayaan tinggi, tradisi avant garde, krisis dan arti sastra, relevensi serta sosialisasinya), dan  ketiga sastra populer (cara memahami sastra, kedudukan kesenian dan kebudayaan massa usia tua, seni populer, karya sastra dan bukan sastra, dan kedudukan novel lacak S Mara Gd).

Komentar
Buku ini memang secara keseluruhan menjelaskan sastra dalam konteks masa yang terjadi dalam kehidupan para siswa di sekolah dan mahasiswa di kampus, dengan menjelaskan hubungan antara pelajar dan kesustraannya. Namun, pada sub bab selanjutnya ada bagian yang menjelaskan akan “Kesenian di dalam Kampus" yang intinya menginginkan kampus sebagai benteng intelektual, namun tidak dijelaskan secara rinci  benteng intelektual seperti apa yang diharapkan pihak kamus, apakah hanya sekedar membentuk manusia seutuhnya, baik takaran intelektual keilmuannya, keseniannya dan lain-lainnya. Akan tetapi, ada satu yang menarik dalam buku ini yaitu pada bagian terakhir dimana Jacob Sumardjo memilih satu karya sastra yang menjadi tonggak perkembangan novel populer di Indonesia. Namun Jacob Sumardjo memberikan pengakuan bahwa ia tidak sempat membaca semuanya yang sebelas jumlahnya itu. Ia hanya menganalisis terhadap karya S Mara Gd hanya berdasarkan empat buah novelnya saja, dan memungkinkan kesimpulan yang ia ambildalam  menilai karya tersebut kurang kuat dan hanya bersifat sementara.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DAN HARAP ISI BUKU TAMU DAN TINGGALKAN ALAMAT SITUS ANDA INSYAALLAH AKAN SAYA KUNJUNGI